Selasa, 27 Desember 2011

Sebuah Motivasi tentang Inovasi



Pagi ini aku dikejutkan oleh deretan kalimat ajaib dari beberapa tokoh dunia dalam sebuah sisipan majalah internal perusahaan tempatku bekerja. Wow!!! Spektakuler!!!
“Tanpa perubahan tidak akan ada pembaharuan/inovasi, kreativitas atau dorongan untuk berkembang. Orang yang memulai sebuah perubahan akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengatur perubahan yang tidak terelakkan.” (William Polard)
“Tidak ada yang salah dengan perubahan jika perubahan itu pada arah yang benar.” (Winston Churcill)
“Ada dua pilihan utama dalam hidup: menerima keadaan seperti adanya atau menerima tanggung jawab untuk mengubah keadaan tersebut.” (Dennis Waitley)


Tak akan ada yang abadi di dunia ini. Semua akan berubah seiring bertambah tuanya bumi. Mau tidak mau jaman akan berganti sesuai irama penghuninya. Okay... jaman sekarang boy band emang sedang ngetrend tapi apa kamu yakin selera musik akan langgeng abadi selamanya? Atau sepuluh tahun lagi apa banyolan Sule masih tetap diminati? Memang semua tak berubah seratus persen tapi pasti ada yang berubah. Jadi inget waktu pergantian tahun 2000. Sebuah millenium baru. Trend yang lagi booming saat itu serba perak. Sepatu warna perak, baju silver, sampai produk riasan juga bertema silver. Tapi jaman telah berganti 2011 masanya warna-warni. Perubahan tak dapat dicegah. 

Hidup butuh inovasi. Sebuah pembaharuan menuju yang lebih baik. Mulai sekarang bertekad “hari ini lebih baik dari kemarin dan esok sampai seterusnya jauh lebih baik dan semakin baik”. Jangan takut mencoba hal baru untuk sebuah kemajuan!!!

Dimulai dengan sebuah motivasi. Ini hal yang terpenting, seorang motivator pernah berkata motivasi itu ibarat bensin dalam kehidupan. Tanpanya tak akan ada dorongan atau semangat untuk melakukan sesuatu hal. Motivasi dapat diperoleh dari dalam dan luar. Namun yang utama adalah dari pribadi itu sendiri. Sadarilah kamu butuh perubahan. Sadarilah masih ada kekurangan dan ada keunggulan yang belum tergali dengan baik. Niatkanlah be the best!
“gagal boleh tapi menyerah jangan”

Mulai meneliti diri sendiri dari ujung rambut sampai ujung kuku kaki. Dari penampakan mata sampai masuk ke dalam hati sanubari. Ingat setiap individu terlahir dengan bakat dan keunikan masing-masing jadi untuk apa minder. Tunjukkan siapa diri kita. 

Lakukan gebrakan baru, contoh  gaya rambut ter up to date boleh dicoba, meski malu tetap dipaksa (kalau nggak dicoba mana tahu hasilnya). Dulu aku bersikukuh mematenkan penampilan kunoku sampai akhir hayat, kenapa? Itu karena aku takut orang akan berbeda jika aku mencoba gaya baru. Akhirnya aku sadar semua orang boleh berpendapat. Tapi mengekspresikan diri juga wajib.  Dengan catatan. Ingat!!!! Aku tidak akan bisa seperti orang lain apalagi menjadi orang lain. Aku adalah aku. Menjadi diri sendiri tetap yang terbaik. 

Nah sekarang masuk ke zona semangat dan kepercayaan diri. Butuh suplai full. Menyadari fakta bahwa sikap dan diriku yang sekarang semakin membosankan maka aku butuh hal baru yang untuk memperbaiki intelejensi dan kepribadianku. Wei...!!! Tapi jangan mikir aku akan mengubah rambutku menjadi berdiri acak-acakan bak Albert Enstein biar dibilang pinter atau memakai baju dari daging segar kayak Lady Gaga biar dijuluki si tampil beda. Aku butuh kesadaran, memahami apa yang kurang dari dalam diri. Mencari solusi untuk menghasilkan angin segar dalam wujud nyata sebuah tindakan. Pengen lebih pinter harus rajin membaca dan menyerap ilmu dari alam dunia. Pengen populer wajib bersosialisasi dan ga boleh minder. Tunjukin aksi lo!!! Mana orang tahu kamu punya bakat nyanyi kalau bersenandung saja kamu nggak pernah. 

Yang tahu perubahan apa yang cocok dengan diri kita adalah kita sendiri. Dengarkan masukan dari orang lain. Buktikan kita bisa!!! Niatkan menjadi lebih baik dan berguna. Nggak boleh nyerah kalau perlu kita wajib mengadopsi semangat dari beberapa tokoh berikut ini : Tom nggak pernah putus asa untuk menangkap Gary begitu juga Sylvester memburu Twitty, Beuhh... apalagi semangat dan tekad membara Plankton untuk mencuri resep rahasia Craby Petty. Tekad yang berkobar wajib kita sebarkan. Mari temukan dan lakukan sebuah inovasi untuk hari esok yang lebih cemerlang.

2 komentar:

  1. motivasi mmg sgt dbtuhkan untuk mngktkan smngat dlm brkrya...
    jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  2. tanpa motivasi tak akan ada dorongan untuk berkreasi...

    BalasHapus