Rabu, 25 Januari 2012

Cinta Monyet (Kecil-Kecil Kok Pacaran?)


Menurut definisi saya arti dari cinta monyet adalah perasaan suka dengan seseorang padahal sebenarnya belum cukup umur untuk mengerti tentang seluk beluk percintaan. Biasanya ini terjadi pada awal masa akil baliq ketika seorang anak beranjak menuju usia remaja. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Termasuk saya tentunya. Buat sebagian orang cinta monyet adalah hal terkonyol, lucu dan seru untuk dikenang.


Tadi malam saya menyaksikan tayangan reality show Hitam Putih yang membahas topik ini dengan bintang tamu Umay dan Fay Nabila. Menurut gossip yang beredar kedua artis cilik ini sedang berpacaran. Tapi namanya juga anak-anak mereka masih polos dan malu-malu ketika ditanya. 

Jika dipikir-pikir jaman memang sudah berubah. Dulu kata ibu saya, seorang anak boleh berpacaran kalau sudah lulus sekolah. Bahkan banyak yang melarang aktivitas tersebut dan langsung dijodohkan begitu saja ketika sudah cukup umur untuk menikah. 

Pernah suatu kali saya melihat sepasang murid SMP bermesraan di bilik warnet. Duh! Masih SMP saja sudah seberani itu. Itu masih tak seberapa ngeri, beberapa tahun yang lalu sempat geger video mesum yang di dalamnya terdapat siswa SMP yang sedang melakukan hubungan intim. Sungguh ini sangat meresahkan. 

Saya tidak heran kenapa anak kecil jaman sekarang sudah pandai berpacar-pacaran. Menurut pengamatan saya ini dipengaruhi oleh banyak hal. Yang pertama yaitu kecanggihan teknologi. Anak SD bahkan Tk sudah bisa mengakses internet. Dengan mudahnya mereka mencari tahu konten konten orang dewasa. Dan yang kedua adalah dari tayangan telivisi. Coba lihat sekarang ini, hampir setiap jam selalu ada saja stasiun televisi yang menyajikan sinetron percintaan. Ingat, anak kecil cenderung meniru apa yang dilihatnya. 

Untuk itu dibutuhkan pengawasan ekstra dari orangtua dan guru. Menciptakan hubungan keakraban dengan anak sangat penting. Anak jaman sekarang semakin dikekang maka semakin melawan. Untuk mengatasinya dibutuhkan hubungan yang akrab layaknya teman agar tercipta komunikasi yang lancar dan terbuka.

Cinta monyet itu wajar kok, itu adalah proses alami ketika seseorang sudah memasuki masa pubertas. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mulai membina hubungan pacaran. Jangan sampai melanggar batas-batas norma yang ada. Kalau bisa sih jangan berpacaran dulu sebelum dewasa karena yang namanya suatu hubungan itu tak hanya butuh cinta atau suka saling suka di dalamnya juga harus terdapat tanggungjawab.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar