Minggu, 08 Januari 2012

Tips Liburan Sekolah Di Musim Hujan



Liburan sekolah telah tiba, hal ini sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh anak-anak. Sejenak melupakan sekolah. Waktunya untuk refreshing dari hingar bingar buku pelajaran dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Di musim liburan seperti ini tempat-tempat rekreasi keluarga seperti wahana permainan, kebun binatang, pantai dan tempat-tempat wisata lain banyak dikunjungi. Namun sayang, akhir-akhir ini hujan membayangi hampir seluruh wilayah Indonesia bahkan parahnya lagi kadang disertai dengan angin ribut dan puting beliung. 


Sungguh ini wajib menjadi perhatian terlebih jika menyukai wisata alam di tempat terbuka. Ancaman banjir, tanah longsor dan pohon tumbang bisa terjadi kapan saja. Butuh ekstra hati-hati karena cuaca sekarang sangat susah diprediksi. Sebentar hujan terus panas dan hujan lagi. 

Saya menyarankan kalau bisa hindari berkunjung ke tempat wisata alam terbuka saat musim hujan. Masih banyak alternatif tempat liburan yang lebih aman seperti museum dan perpustakaan kota. Memang terdengar sedikit membosankan tapi kadang-kadang liburan harus diselingi dengan kegiatan yang edukatif agar anak tidak terbuai dengan hal-hal yang menyenangkan sehingga timbul kemalasan saat kembali ke sekolah. Selain itu liburan di rumah juga bisa menjadi liburan yang menyenangkan, berikut beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan.

Mendekorasi ulang kamar. Jadikan hal ini proyek besar untuk si anak. Beri kebebasan mereka dalam berkreasi. Biarkanlah mereka yang mengatur tata letak, warna cat dinding dan penempatan aksesoris di dalam ruangan. Libatkan anak secara langsung mulai dari bersih-bersih, mengecat sampai mengatur tata letak ruangannya. Hal ini bisa memancing kreativitas anak selain itu bisa mengajarkan tentang kebersihan dan tanggung jawab untuk menjaga kerapihan ruangannya. Saya termasuk orang yang moody dan gampang bosan, mendekorasi ulang kamar ini terbukti manjur bisa mengembalikan semangat belajar dengan atmosfer suasana yang baru.  

Punya tumpukan koran bekas dan barang-barang bekas lainnya yang sudah mengunung. Koran bekas bisa dijadikan bahan kliping lho. Membuat kliping bisa menumbuhkan minat baca anak. Selain itu koran bekas bisa dijadikan bahan kerajinan seperti anyaman koran, topeng, tempat pensil dan lain-lain. Dan dari barang bekas seperti kaleng susu, kardus dan botol-botol bekas bisa disulap menjadi mainan dan benda-benda lain yang menyenangkan.
Atau ajarkan anak untuk mencintai dunia tulis menulis. Buat sebuah proyek mading atau majalah dinding seperti di sekolah yang akan dipajang di kamarnya. Siapkanlah sebuah papan kosong untuk tempat berkreasi. Biarkanlah mereka mengisi dengan hal-hal yang mereka buat sendiri seperti lukisan, puisi cerpen dan karya lainnya.

Intinya adalah menciptakan liburan yang menyenangkan namun tetap aman dan edukatif. Semoga tips ini bisa bermanfaat. Untuk tips lain klik di sini.

2 komentar:

  1. ide menarik sob, mengajarkan kreatifitas sekaligus mengakrabkan diri ya ;)

    BalasHapus
  2. @Stupid monkey yups.. keakraban dengan orangtua terjalin selain itu edukatif dan menghibur.. murah meriah namun tetap menyenangkan

    BalasHapus