Jumat, 23 Desember 2011

Menyambut Tahun Baru Dengan Introspeksi Diri Dan Komitmen Lebih baik Lagi



Sebentar lagi tahun baru 2012 akan segera datang dan tentunya tahun 2011 hanya tinggal sebagai masa lalu dan kenangan. Setiap individu pastinya berharap tahun depan lebih baik daripada tahun ini. Untuk mencapai hal tersebut saya menyarankan sebuah introspeksi diri dan membangun komitmen lebih baik lagi. 

Pada khotbah sholat  jumat saya mendengarkan khotib membahas hal ini. Menurutnya ada tiga kategori manusia sesuai tingkat kesuksesannya. 

Yang pertama adalah golongan orang merugi. Mereka adalah orang yang tahun ini mempunyai keberhasilan dan amal perbuatan sama dengan tahun yang lalu. Kenapa disebut merugi? Karena waktu setahun hanya terbuang untuk melakukan perbuatan dengan hasil yang sama, tanpa ada suatu peningkatan. Yang kedua adalah golongan orang yang celaka. Mereka adalah orang yang tahun ini mempunyai keberhasilan dan amal perbuatan lebih buruk dari tahun yang lalu. Dan yang terakhir adalah golongan orang beruntung yaitu mereka yang tahun ini keberhasilan dan amal perbuatannya lebih baik dari tahun sebelumnya.


Apa saja sih langkah-langkah introspeksi diri? Berikut ulasan berdasarkan pengalaman saya.
Pertama, sadarilah bahwa kita adalah manusia biasa yang pernah bersalah. Kadang ada manusia yang acuh tak acuh dan menganggap dirinya paling benar dan selalu benar. Ingat tak ada gading yang tak retak,bro! Di sisi lain ada juga kebalikannya golongan orang yang selalu merasa bersalah bahkan tak sedikit larut dalam penyesalan hingga yang paling ekstrim melampiaskannya dengan bunuh diri. Tragis! Ini bukan jalan keluar. Sebagai manusia biasa tentu kita tak luput dari sebuah kesalahan. Salah itu biasa. Memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik itulah “luar biasa”. Namun perlu diingat jangan sampai masuk dalam kesalahan yang sama. Untuk itu dibutuhkan perjuangan ekstra keras untuk memperbaiki diri.

Kedua. Jangan larut dalam masa lalu, cari solusi dan lakukan aksi. Menurut seorang motivator jika kita hanya berkutat mencari sebab musabab maka yang ada hanyalah kemunduran. Tatap masa depan lakukan perubahan. Lakukan sekarang juga, jangan tunda sampai besok. Seperti kata guru Ong Way kepada Po dalam film Kungfu Panda “kemarin adalah masa lalu sekarang adalah kenyataan dan esok hari adalah misteri. Jadi anggap masa lalu sebagai pembelajaran masa kini sebagai kepastian dan esok hari sebagai harapan. Melakukan perubahan memang tidak mudah dan butuh perjuangan. Saya jadi teringat kata-kata Dedy Cobuzier “ manusia itu boleh gagal, yang tidak boleh adalah “menyerah”. Semangat dan terus semangat. Hasil akhir biarlah Tuhan yang menentukan berhasil atau tidaknya. Tapi yakinlah sesuatu yang baik akan menghasilkan kebaikan dan yang buruk akan mendapat balasan.

Ketiga. Komitmen untuk terus menjadi lebih baik. Masih seperti kata-kata Dedy Cobuzier dalam talk show Hitam Putih “banyak orang bisa memulai tapi sedikit yang bisa mempertahankan”. Memulai komitmen baik itu gampang tapi mempertahankannya adalah sesuatu yang tidak mudah. Dibutuhkan motivasi kuat dari dalam diri.

Hidup memang tidak mudah tapi jangan dipersulit. Hidup itu gampang tapi tak bisa diremehkan. Hargai setiap detik yang bergulir, lakukan yang terbaik karena waktu tak akan berulang.

Semoga bermanfaat, salam.


6 komentar:

  1. Setuju Bro. Intrspeksi diri penting dan perlu

    BalasHapus
  2. tapi kebanyakan orang hanya merayakan secara ceremonial saja... nggak ada maknanya kalau berpesta taun baru hingga larut malam, lebih baik kita introspeksi diri

    BalasHapus
  3. setuju introspeksi diri memang penting, aneh juga ngelihat orang yang hura-hura semalaman pada malam tahun baru terus paginya bangun kesiangan dan tak bisa melihat matahari terbit di tahun yang baru.. sungguh awal tahun yang kurang baik ingat pesan bang rhoma "begadang jangan begadang kalau tiada artinya"... semoga tahun depan bisa menjadi pribadi yang lebih baik... thank you semua salam kenal

    BalasHapus
  4. jadi tahun/waktu yang sudah lewat sebagai sejarah jadikan cermin seperti berjalan perlu ada spion supaya tidak tengok ke belakang

    BalasHapus
  5. ambil yang bagus buang yang buruk....melihat segala sesuatu dari banyak sisi menghindarkan kita dari kekeliruan...

    BalasHapus
  6. Bner bnget apa yang Agan cantumkan di atas ... .
    Ane termotivasi nih. ...jadi nyah!! :D :D :D

    BalasHapus