Senin, 26 Desember 2011

Fenomena Hidup Di Dunia Maya



Jaman telah berubah saat ini, manusia tak hanya hidup di dunia nyata dengan semakin majunya teknologi maka terciptalah dunia baru bernama DUNIA MAYA. Wow!!! Dunia semu tapi  benar-benar ada. Hahaha demikian definisi ciptaan saya sendiri. Dunia maya memang mengasyikan, seru, menyenangkan, fantastis, menghebohkan dan sebagai dan sebagainya (saya sampai tidak bisa berkata-kata). Semua lengkap di sini bahkan yang nggak ada di dunia nyata bisa dibuat di dunia maya. 


Saking lengkapnya ketika memasukinya serasa berada di dunia impian. Apa yang kita inginkan, menjadi seperti apa dan siapa dan kita mau apa saja juga bisa. Berpura-pura menjadi artis dengan membuat account palsu ngaku-ngaku Justin Beiber di facebook atau twitter bisa. Atau sekalian menunjukkan bakat secara instant dan mudah (nggak perlu daftar American Idol atau Indonesian Idol) cukup rekam video gokilmu terus up load di you tube bisa. Bagi yang beruntung bisa seperti Justin Beiber, Duo Shinjo, Udin Sedunia atau juga Briptu Norman…chaiya…chaiyaaa. Saya juga bisa merasakan bagaimana jadi penulis dengan membuat blog saya sendiri. Buat yang hobi dagang bisa juga promosi di dunia terbukti ampuh, biaya lebih murah dan info tentang produknya bisa dikenal dengan cepat, seperti kripik pedas mak ichi yang lagi hot diperbincangkan karena pemasaran dagangan yang unik lewat dunia maya. Hehhe bisa juga dengan mentag di account facebook orang (tapi kadang saya jengkel kalau banyak yang ngetag tentang promosi barang..kenapa coba? menuh-menuhin beranda aja tauuuu…)

Hehehe Indonesia cukup pesat lho perkembangan internetnya. Menurut hasil survey comScore tahun kemarin Indonesia menempati urutan pertama se asia tenggara dengan perkembangan 32% . Nggak kebayang tahun ini berapa (pastinya semakin melambung tinggi jumlahnya). Untuk pengguna facebook saja Indonesia berada di peringkat kedua dengan 33 juta pengguna, disusul Inggris di peringkat ketiga dengan 27 juta pengguna sedangkan posisi puncak adalah Amerika dengan 146 juta pengguna. Wow!!! Sungguh angka yang spektakuler.

Dengan semakin eksis dan melek teknologi tentunya harapan untuk menjadikan negara ini semakin maju ada. Harus optimis!! Jangan hanya pengguna facebook saja yang di urutan ke dua dunia. Kalau bisa dibidang yang lain seperti prestasi dan kemakmuran juga. Hmm lebih hebat lagi kalau bisa nonggol sebagai negara paling kaya mengalahkan Qatar dengan produk domestik bruto (PDB) per kapita US$90.149 atau Rp811 juta per tahun. Heii… agak jauh sih soalnya Indonesia berada di urutan ke 122 dengan PDB per kapita US$4.380 atau Rp39,4 juta per tahun. Tapi nggak ada yang mustahil khan?

Dunia maya juga bisa dijadikan salah satu usaha pengembangan bangsa. Terbukti banyak anak Indonesia yang berprestasi gara-gara sering nangkring di sini. Contohnya Artav Anti Virus. Artav antivirus adalah antivirus yang dibuat oleh siswa SMP Negeri 48 Bandung. Nama Artav adalah singkatan dari Arrival Taufik Anti Virus. Nama sang pembuat adalah Arrival Dwi Sentosa dan kakaknya Taufik Aditya Utama sehingga lahirlah nama Arrival Taufik Anti Virus. Hebring pisan euyy!!!! Baru-baru ini ada game online yang bertemakan Indonesia yaitu Nusantara Online dan Majapahit Online. Nusantara Online ditujukan sebagai game Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) sedangkan Majapahit Online merupakan game facebook. Game ini diproduksi oleh Anantarupa Studios. 

Wah!!! Dunia maya memang semakin seru. Tapi seperti dunia nyata, dunia maya juga menyimpan sisi negatif dan positif. Jadi untung dan ruginya tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.Namun kita mesti ingat bahwa hidup yang sesungguhnya adalah di dunia nyata. Kita harus berpikir realistis dan nggak boleh banyak berkhayal. Apalagi sampai membawa jatidiri di dunia maya ke dunia nyata seperti yang dilakukan Rahmad alias Fransiska Anastasya (pura-pura jadi perempuan di facebook ehhh sampai nikah beneran). Bersikap bijaklah ambil manfaat di dunia maya untuk membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

2 komentar:

  1. hi Aan...salam kenal dr Bandung :)...seneng baca blog-nya...kenal via vivanews...

    BalasHapus
  2. salam kenal juga.. thank you dah berkunjung...

    BalasHapus